Rabu, 19 Januari 2011

my breastfeeding stories


Dari sejak dulu saya selalu ingin memberikan ASI untuk anak saya,karena itu hal yg natural.Gak pernah terpikir kalo ternyata pada kenyataannya menyusui itu butuh perjuangan.
Alhamdulillah sejak kehamilan 6 bulan,ASI sudah mulai merembes keluar,setelah melahirkan juga Alhamdulillah bisa IMD walopun tdk sempurna.
Awal2 menyusui sempat mengalami puting yg lecet,yg rasa sakitnya sampe ke ubun-ubun,kena mastitis 2 kali,panas 39 derajat, sampe badan menggigil,produksi drop karena baby blues juga pernah,tapi alhamdulillah bisa ASIX 6 bulan.
Tim sukses menyusui yg saya punya adalah majalah ayahbunda dan milis the urban mama dan asi for baby.
Saya pernah di salahkan karena saya gak membiasakan anak saya pake sufor.
Saya bertahan memberikan ASI sampai sekarang,karena saya yakin ASI yg terbaik.
Pengalaman menyusui selama 8 bulan ini membuktikan pada saya bahwa untuk sukses menyusui kita harus punya niat yg sangat kuat.
menyusui itu tidak mudah
tapi bukan hal yg mustahil untuk dilakukan
seperti banyak hal lain di dunia ini
kita hanya perlu niat dan tekad yg kuat.
Happy breastfeeding!
you can do it!

Dari jaman masih Gadis kinyis-kinyis dulu,saya memang sudah berencana akan menyusui anak saya.Kebetulan saya punya Tante yg sukses menyusui ke 3 anaknya,saya lihat sodara-sodara sepupu saya itu sehat-sehat dan kalopun sakit cepet sembuh.
Saya juga bandingkan antara saya dan ade laki-laki saya.Saya yang mendapat ASI 18 bulan,dengan ade laki-laki saya yg dapat ASI 2 bulan saja.Kesehatan kami jauh beda,saya lebih tangguh dari ade saya itu. Saya inget setiap minggu saya dibebaskan mama untuk berenang sedangkan ade saya gak boleh krn tiap berenang hidungnya langsung meler.
Saya juga tau kalo di Al'Quran Alloh menyuruh untuk menyusui sampai 2 tahun,saya pikir,kalo menyusui itu gak penting kepana Alloh sampai memfirmankannya dalam Alquran? Akhirnya,Gak ada pengetahuan apa-apa cuma yakin saja kalo ASI yang terbaik,dan berusaha memenuhi perinta Alloh saya mantab menyusui.
Mungkin karena keyakinan itu,ASI saya sudah mulai merembes saat saya hamil 6 bulan.Saya ingat saat pertamakali senam hamil,sebelumnya di periksa dulu sama bu bidan di elisabet,saat bu bidan memeriksa PD saya dan tau kalo ASI nya sudah keluar,dia bilang "wah bagus sekali ini ASI nya kental,bisa menyusi sampai 2 tahun!" saya bangga sekali mendengarnya :)
Waktu melahirkan,saya sedikit banyak sudah tau tentang IMD,jadi saya minta IMD sama dokter saya,walaopun IMD nya gak sempurna,tapi saya bersyukur mengalami momen pertama yg menakjubkan itu.Selanjutnya saya disuruh tandatangan surat pernyataan bermaterai yang menyatakan saya setuju memberi anak saya sufor.Waktu itu saya baru beberapa menit melahirkan,dan saya gak mau ribut sama pihak rumahsakit,saya takut klo saya ngeyel nanti anak saya malah gak keurus,saya pun menandatanganni surat itu,dengan catatan saya mau klo anak saya nangis dibawa aja ke kamar karena saya mau menyusui.zahra memang sering dibawa kekamar saya untuk disusui,bahkan saat tengah malam.tapi tidak setiap waktu.
Sampai di rumah saya langsung menyusui,sufor dari RS gak dipake sama sekali,pernah suatu malam,saya mengigil karena kena mastitis(radang payudara) mama sudah menyarankan untuk membuatkan sufor,tapi saya menolak.waktu itu saya belum mengerti resiko sufor,tapi saya males banget harus steril botol dll untuk nyiapin sufor,saya pikir ASI lebih praktis krn tinggal diuyek dan di sodorin aja sama bayi,beres!
ternyata oh ternyata...menyusui itu gak segampang yang saya pikir,banyak banget hambatannya.iya sih ASI itu lebih praktis,gak usah nyiapin botol dll,tapi itu berati kita harus bangun trs tiap malem untuk nyusuin,Puting lecet,mastitis akibat pelekatan yg gak bener,mana badan masih sakit habis melahirkan,gak ada suami,gak bisa keluar rumah,karena bayinya minta susu terus,bawaannya nagiiis terus...sediih banget,apalagi kalo banyak orang yang berkomentar:
itu PD nya kecil,emang ASI nya ada?
ASI kamu kurang,tuh anaknya nagis terus..
belum lagi mitos - mitos tentang asi yg tidak kehatuan faktanya tapi bisa menurunkan percayadiri ke titik terendah :(
huhuhuhuhuhuhuhu rasanya pengen lari ke gunung dan kepantai,pecahkan semua gelasnya!!
saat itulah saya ketemu forum The Urban Mama di internet,dari situ saya kenal sama Mba Eka,yg ternyata seorang konselor laktasi (huh?apa tuh?pikirsaya waktu itu),dari mba Eka juga saya tau tentang forum asiforbaby@yahoogrup dari situlah saya tau tentang AIMI
Bergabung dengan forum yg isinya sesama ibu-ibu senasib membuat saya kembali bersemangat.
Dari forum itu saya juga tau tentang resiko sufor (yg bikin saya parno banget dan nyesel banget kenapa waktu di RS saya gak ngeyel untuk kasih ASI saja)
Makin banyak saya dapat informasi dan berdiskusi dengan mereka,saya makin tau pentingnya ASI dan menyusui yang menurut saya sebagai sesuatu hal yang alamiah dan penting tapi sering di gampangkan.
Saya juga gemas banget sama lingkungan yang gak mendukung,beberapa kali zahra dipaksa minum dot dan sufor,saya tau mereka gak bermaksud buruk hanya kurang informasi saja.
Karena itu dengan PercayaDiri nya,saya mengajukan lamaran sebagai konselor ASI. Ternyata konselor harus melalui pelatihan yang ketat dan ada sertifikasinya sendiri gak bisa sembarangan.Saya jadi malu...
Tapi, akhirnya saya tetap mengajukaan diri sebagai pengurus AIMI ,bukan karena saya udah pinter banget tentang ASI,saya hanya ingin membantu ibu-ibu yang mengalami nasib seperti saya,ingin menyusui tapi banyak menemui hambatan.
Lewat mba Dhani(ketua AIMI Semarang) saya tau kalo di Purwokerto ada pengurus AIMI semarang namanya Mba IKa,kita kenalan lewat email dan akhirnya kopdar di buntos,dari situ kita juga ketemu teman-teman senasib ada bunda hermin,bunda Ika pulung dan bunda luluk yg akhirnya bergabung menjadi pengurus AIMI Jateng di Purwokerto
Sekarang AIMI Jateng di Purwokerto sudah mengadakan kelas EdukASI 2 kali dan insyaaloh akan terus mengadakan lagi tiap bulannya.Bulan ini juga AIMI Jateng akan resmi di resmikan ada acara seru di Semarang.Dukungan dari Dinkes sebagai pihak yang berwenang juga bagus sekali. bahkan Mba Ika kemarin menerima pengahargaan dari Dinkes.
Semoga hadirnya AIMI Jateng di PUrwokerto bisa membantu Ibu yang ingin menyusui bayinya,semoga makin banyak Ibu yang sadar pentingnya ASI sehingga makin banyak anak sehat di Indonesia ini.Kalo di Indonesia banyak anak sehat,tentu negara kita akan makin kuat dan maju kan?
Hidup ASI!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer